PERPUSTAKAAN UNIS
Search
  • Home
  • Tentang Kami
    • Sejarah
    • Visi Misi
    • Struktur
    • Tim
  • Koleksi Digital
    • Repositori
    • E-Journal
      • EBSCO
      • E-Journal UNIS
  • Layanan
    • Layanan Perpustakaan UNIS
    • Bebas Perpustakaan
      • Formulir Surat Keterangan Bebas Perpustakaan
    • Usul Buku
  • Informasi
  • Contact us

STRUKTUR ORGANISASI PERPUSTAKAAN UNIS




  1. Kepala


    1. Menyusun rencana, program kerja, dan anggaran perpustakaan atau RKAT;

    2. Menyusun konsep kebijakan pengembangan koleksi perpustakaan;

    3. Menjalin kerjasama dengan institusi yang relevan (dalam dan luar negeri) untuk pengembangan perpustakaan;

    4. Memonitor pelaksanaan pengadaan koleksi perpustakaan;

    5. Memonitor permintaan-permintaan informasi dari luar yang dikirim melalui email ke bagian layanan yang terkait;

    6. Memonitor pelaksanaan kerjasama silanglayan antar perpustakaan;

    7. Menjadi penanggung jawab dalam pemberian informasi teknis perpustakaan;

    8. Mengkoordinasikan, memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan UPT Perpustakaan;

    9. Menugaskan kepala sub bagian untuk menyiapkan laporan bulanan, tengah tahunan dan tahunan;

    10. Menugaskan kepala sub bagian untuk membuat program, rencana kerja serta target capaian;

    11. Memonitor dan mengevaluasi rencana implementasi DKA tahun berjalan;

    12. Menyusun penempatan staf pada struktur organisai internal perpustakaan sesuai dengan kompetensinya;

    13. Menilai prestasi kinerja bawahan;

    14. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan tahunan;

    15. Menyusun konsep pedoman layanan perpustakaan;

    16. Menyusun identifikasi dan analisis pengadministrasian layanan perpustakaan;

    17. Menyusun identifikasi dan analisis seluruh layanan;

    18. Melaksanakan koordinasi dengan bidang lain di lingkungan perpustakaan;

    19. Melaksanakan evaluasi dan pelaporan/statistik dari seluruh bagian layanan;

    20. Mengevaluasi kelancaran sistem teknologi informasi dan jaringan (internet) di perpustakaan.



  2. Kasubag Layanan Pengguna


    1. Mengkoordinasikan seluruh kegiatan layanan pengguna;

    2. Memonitor dan menjaga keberlangsungan implementasi sistem layanan pengguna;

    3. Membimbing staff training dan siswa/mahasiswa PKL;

    4. Memberikan materi pelatihan;

    5. Membuat rekapitulasi statistik pelaporan Bidang layanan pengguna;

    6. Membuat rekapitulasi usulan rencana kerja dan barang kebutuhan di lingkungan Bidang Layanan Pengguna;

    7. Mengkoordinasi pelaksanaan kegiatan administrasi persuratan, kepegawaian, perlengkapan/barang (sarana & prasarana), keuangan perpustakaan, serta melaksanakan kegiatan perawatan dan pemeliharaan koleksi (penjilidan & fumigasi);

    8. Mengalokasikan keuangan menurut rencana implementasi RKA, sesuai dengan arahan dari Pimpinan Perpustakaan;

    9. Mengecek pencatatan dan penyimpanan arsip bukti-bukti penerimaan dan pengeluaran uang dalam pembukuan;

    10. Membantu melaksanakan pembuatan laporan keuangan;

    11. Menghimpun data statistik kegiatan unit-unit untuk laporan bulanan, laporan tengah tahunan dan laporan tahunan;

    12. Merespon masukan dan permintaan informasi dari pengguna;

    13. Menyusun data statistik bulanan, tengah tahunan dan tahunan untuk semua bagian yang menjadi koordinasi bidangnya;

    14. Mengecek data mahasiswa yang meminta bebas pinjam (bulanan dan tahunan) yang dibuat oleh staf di bawah koordinasinya;

    15. Memonitor dan menjaga keberlangsungan implementasi sistem layanan sirkulasi;

    16. Memonitor dan menjaga keberlangsungan implementasi sistem layanan pemanduan, pemustaka, dan hubungan masyarakat;

    17. Memonitor dan menjaga keberlangsungan implementasi sistem layanan jurnal;

    18. Mengkoordinasikan seluruh kegiatan layanan Digital dan Multimedia, serta akses terhadap koleksi e-journal dan e-book;

    19. Mengkoordinasikan kegiatan pengerakan (shelving).



  3. Sub Bidang Layanan Teknis


    1. Mengkoordinasikan seluruh kegiatan layanan teknis (Pengembangan Koleksi Digital, Pengembangan Koleksi Cetak, Peservasi dan Konservasi, Pengembangan Sistem Perpustakaan, Web dan Sosmed);

    2. Memonitor dan menjaga keberlangsungan implementasi sistem layanan teknis;

    3. Menyediakan konten promosi;

    4. Membimbing staff training dan siswa/mahasiswa PKL;

    5. Memberikan materi training bidang terkait;

    6. Bertanggungjawab untuk instalasi, evaluasi dan peningkatan terhadap tiga objek utama yaitu komputer, software, dan pengembangan sistem jaringan (network system) di lingkungan perpustakaan;

    7. Mengkoordinasi kegiatan digitalisasi dan pengunggahan (uploading) karya sivitas akademika UNIS ke perpustakaan digital;

    8. Menyusun rencana dan program kerja baik untuk pengembangan koleksi koleksi digital dan multimedia, pengembangan konten sistem otomasi perpustakaan berbasis web dan perpustakaan digital;

    9. Melaksanakan kegiatan pengolahan bahan pustaka;

    10. Memonitor dan menjaga keberlangsungan implementasi sistem;

    11. Pengembangan Koleksi Digital Multimedia;

    12. Memonitor dan menata situs perpustakaan digital (digilib) dan e-collection (e.lib);

    13. Mengkoordinasikan kegiatan upload metadata dan koleksi digital;

    14. Membuat konsep standarisasi pengolahan koleksi digital;

    15. Merekapitulasi data statistik kegiatan Pengembangan Koleksi Digital/Multimedia

    16. Merekapitulasi data usulan rencana ;

    17. Pengolahan koleksi digital/multimedia koleksi karya ilmiah sivitas untuk situs digilib;

    18. Pengolahan koleksi digital/multimedia artikel e-journal, e-books, dan alih media koleksi UPT Perpustakaan;

    19. Membuat rekapitulasi usulan rencana kerja dan barang kebutuhan di lingkungan Sub Bidang Layanan Teknis;

    20. Membuat rekapitulasi statistik Layanan Teknis.



  4. Staf Perpustakaan


    1. Membantu pelaksanaan kegiatan administrasi, persuratan, kepegawaian, perlengkapan/barang (sarana & prasarana);

    2. Melaksanakan kegiatan pada layanan sirkulasi;

    3. Melaksanakan kegiatan pengolahan bahan pustaka;

    4. Memonitor dan mendata koleksi rusak berat di rak;

    5. Melakukan kegiatan pencegahan kerusakan koleksi, berkoordinasi dengan sub bagian layanan pengguna:


      1. Menghindarkan koleksi dari sinar matahari langsung.

      2. Mengatur peredaran udara, kelembaban, dan suhu udara ruangan.

      3. Memberikan bimbingan tentang cara menggunakan koleksi secara baik.

      4. Membersihkan ruang dari debu dan kotoran secara teratur.

      5. Melarang orang merokok dan makan di dalam ruangan perpustakaan.

      6. Menyuntik lantai dengan obat anti rayap.

      7. Melakukan sterilisasi koleksi dari hama secara berkala.

      8. Menyediakan sarana pemadam api.

      9. Membuat rambu-rambu peringatan atau peraturan tertulis yang mudah dipahami maksudnya.


    6. Melakukan kegiatan pelestarian koleksi;


      1. Memperbaiki koleksi agar dapat digunakan kembali.

      2. Melakukan penjilidan ulang koleksi dalam kondisi rusak berat sesuai kriteria, skala prioritas dan Kebijakan Pengembangan Koleksi.

      3. Melaminasi koleksi.

      4. Menyampul koleksi.



Contact Info

  • Jl. Maulana yusuf no.10 Babakan – Kota Tangerang, Banten, 15118, Indonesia

  • Telephone021-5527061 | 92222166 0822 4050 1966

  • International 021-5527061

  • email library@unis.ac.id

Categories

  • Informasi

Gallery

  • CAP_3507 baru
  • CAP_3504 baru
  • CAP_3274 baru
  • CAP_3096 baru
  • 9
  • 6
  • 4
  • 2
  • TIM DELEGASI MOU UNIS
  • PKS UNIS DENGAN DINAS PERKIM KOTA TANGERANG
  • MOU UNIS DENGAN UTHM MALAYSIA 2
  • MOU UNIS DENGAN UTHM MALAYSIA 1

Link Terkait

Sistem Akademik
Perpus Unis
sinta Ristekdikti
LPPM
Humas & Marketing
E-Journal
KKK
Wisuda Online 
CBT

©2020 PERPUSTAKAAN UNIS TANGERANG

Follow us